Apakah anda perna mendengar apa itu branding? mungkin dari sekian banyak orang tidak banyak yang mengetahui branding itu apa kegunaannya. Branding ini sendiri merupakan sebuah merk, image, logo atau nama dari sebuah perusahaan tersebut. BRanding ni sendiri merupakan sebuah konsep pemasran yang digunakan untuk menciptakan kesadaran yang lebih besar dari produk,jasa atau perusahaan. Pada era digital ini branding sangatlah berguna untuk mencari informasi lebih mudah dalam mengakses yang dapat di akses oleh semua kalangan. Tapi apakah anda tau? bahwa proses dari branding atau merek ini di mulai sejak awareness hingga loyalty. Dalam proses komunikasi brand, hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah apakah anda sudah tau bagaimana tahap branding tersebut? pada tahap pemahaman tentng artu pada brand itu sendir dan masih ada lagi beberapa unsur branding yang perlu anda ketahui dan di jaga. Anda perlu mengetahui apa saja manfaat pada branding ini sendiri untuk kemajuan perusahaan anda nantinya.
Manfaat branding ini sendiri memiliki 3 usur penting yaitu 3Cs yaitu claritiy(jelas),Consistency(tetap pada image),dan constancy (selaku ada dimana dibutuhkan). Ada beberapa juga hal yang mengakibatkan sebuah perusahaan dapat melakukan sebuah perubahan pada brandingnya.
- Pertama, akibat tekanan dari pesaing yang tidak mampu ditahankannya.
- Kedua, tekanan para peerubahaan yang terjadi pada perilaku konsumen, yang dapat memungkinkan akibat dari berubahnya teknologi.
- Ketiga, Prioritas perusahaan yang telah berubah.
Manfaat branding ini sendiri yang bertujuan untuk memperkuat perusahaan yang ada. Tetapi tidak semudah itu , dikarekan membutuhkan strategi pemasaran yang tepat, memakan waktu yang sangat lama, dan pastinya membutuhkan dukungan biaya yang tidak murah. Maka wajar apabila banyak pelaku usaha yang akhirnya gagal menjalankan bisnisnya karena mereka tidak berhasil menciptakan brand image yang cukup kuat, sehingga produk yang dihasilkannya tidak bisa bertahan lama di tengah deras nya persaingan pasar.
Kondisi tersebut menyadarkan kita bahwa memiliki suatu merk adalah menjadi suatu hal yang penting dan menjadi aset yang berharga bagi suatu perusahaan untuk menuju kesuksesan. Jika branding atau merk perusahaan sudah dikenal dan dipercaya oleh konsumen, maka jenis produk baru apa saja mungkin akan mudah untuk perusahaan tawarkan kembali kepada para konsumennya. Untuk lebih jelasnya berikut manfaat branding pada perusahaan :
- Mudah Mendapatkan Loyalitas Pelanggan
Tidak mudah untuk membuat konsumen selalu mengingat produk atau produsen. Dengan melakukan branding, ada banyak hal yang biasanya dilakukan oleh produsen sehingga pelanggan akan memberikan kesan bahwa produsen tersebut selalu menawarkan produk yang selalu unggul sehingga konsumen akan merasa tidak rugi untuk kembali memilih produk dari produsen yang sama pada masa masa yang akan datang.
- Memberikan Daya Tarik Bagi Konsumen
Dengan melakukan branding, maka lambang produk, perusahaan otomatis akan tersimpan pada memori konsumen. Branding yang cukup baik, menarik, terpercaya dan dilakukan terus menerus akan membuat konsumen tertarik menggunakan produk yang ditawarkan oleh produsen .
- Memberikan Peluang Usaha Melakukan Difrensiasi Usaha
Branding yang melekat pada konsumen akan memudahkan pelaku usaha dalam melakukan diferensiasi usaha karena logo produsen tentunya akan tetap melekat pada tiap produk yang berbeda. Ingatan konsumen pada logo produsen yang memiliki branding cukup kuat inilah memudahkan untuk mendiferensiasi produk.
- Memberikan Ciri Khusus Yang Dapat Membedakan Produk Anda Dengan Produk Pesaing
Manfaat branding ini akan membuat konsumen lebih mudah untuk membedakan produk anda dengna produk pesaing, baik dari logo produk, logo perusahaan bahkan hingga kepercayaan konsumen lainnya dalam menggunakan produk yang sama.
- Adanya Peluang Produksen Untuk Menetapkan Harga Jual Yang Lebih Tinggi
Ketika suatu produk sudah dikenal cukup baik oleh khalayak, maka produsen jauh lebih mudah untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi. Harga tidak akan menjadi masalah yang berarti karena konsumen merasa bahwa produk yang ditawarkan pasti memiliki keunggulan.
Kesimpulan
Itulah beberapa manfaat branding bagi perusahaan atau pelaku usaha agar produk/jasanya dikenal oleh banyak orang. Membangun brand banyak cara untuk melakukannya, salah satunya adalah melalui website. Semoga artikel ini memberikan informasi penting bagi para pembaca dan manfaat penting untuk kedepannya.
Comments
Post a Comment