Dalam melakukan riset pemasaran merupakan suatu kegiatan sebuah penelitian dalam bidang pemasaran. Riset pasaran ini sendiri harus di lakukan secara sistematis, yakni mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan.pengumpulan data.pengolahandata. Sehingga interpretasi pada hasil riset pemasaran yang diperoleh akan menonjol.Riset pemasaran dilakukan sebagai upaya memberi masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen akan mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang masih sesuai dilakukan untuk merebut peluang.
Kebanyakan orang masih seirng kali bingung dengan istilah riset pemasaran. Riset pemasraan atau yang biasa di sebut marketing research sering kali disamakan dengna riset pasar atau biasa di sebut market research, padahal pada kedua istilah ini berbeda.Riset pasar berfokus pada pasar yang telah ditentukan secara spesifik. Sementara, riset pemasaran memiliki arti yang lebih luas. Riset pemasaran tidak hanya terpaku pada aspek pasar atau produk, namun juga mencangkup hal-hal di luar itu. Singkatnya, riset pasar bisa disebut sebagai bagian dari riset pemasaran.
Pada riset pasar memiliki beberapa fungsi di dalamnya yaitu:
- Evaluating yang dimana Riset pemasaran yang dilakukan untuk digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Fungsi evaluating dalam riset pemasaran ini juga termasuk ketika perusahaan ingin melakukan review terhadap brand positioning yang dibandingkan dengan produk pesaing.
- Understanding Fungsi pada riset pemsaran ini menekankan pada tujuan untuk memahami konsumen sebagai salah satu insight atau masukan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan memahami konsumen, perusahaan akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keluhan konsumen. Dalam menjalankan fungsi ini, riset pemasaran yang dilakukan biasanya adalah riset yang menggambarkan potret kebiasaan dan perilaku konsumen serta harapan dan keluhan mereka terhadap produk.
- Predicting Memiliki fungsi riset pemasaran yang sebenarnya paling sulit untuk dilakukan. Dunia ini penuh dengan ketidakpastian, sehingga prediksi yang dilakukan dalam riset pemasaran sangatlah berisiko karena sifatnya yang sangat relatif. Ketika sebuah brand ingin membidik pasar baru, maka riset pemasaran selalu dijadikan bahan acuan utama. Begitu pun ketika perusahaan ingin menyusun strategi pemasaran baru, riset pemasaran masih menjadi penilaian utama.
Setelah anda telah membaca fungsi pada riset pasar, pada berikut ini akan di jelaskan langkah riset pasar yang sangat penting untuk kemajuan bisnis anda. Berikut penjelasananya:
- Merumuskan Masalah
Tips awal dalam langkah riset pasar adalah merumuskan masalah.Proses perumusan masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar kita mengerti betul dengan tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang kita hadapi dalam bisnis.
- Merancang Metode Pengumpulan Data
Pada tahap kedua dalam langkah riset pasar adalah melakukan pengumpulan data primer dan data skunder.Data primer merupakan data yang diambil langsung dari lapangan, sedangkan data sekunder biasanya berupa data yang diambil dari buku, Internet, dan pustaka lainnya yang relevan. Anda perlu menentukan bagaimana cara mengumpulkan data-data tersebut dan dihimpun menjadi sebuah database.
- Menentukan Desain Riset
Pada tahap ketiga ini perlu menentukan desain riset yang dimana akan menentukan prosedur secara rinci mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa, dan kemungkinan melakukan kuesioner dengan berbagai model yang ditentukan. Penentuan desain riset biasanya didasarkan pada parameter yang akan diambil untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.
- Pengambilan Sampel & Mengumpulkan Data
Pada tahap ke 4 langkah riset pasar adalah pengambilan sampel dan juga mengumpulkan semua data yang ada di lapangan nantinya.Anda bisa melakukan pengambilan sampel didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability atau non probability sampling.
- Menganalisa & Interpretasi Data
Dalam pengumpulan data tidak akan perna bisa menjadi sebuah kesimpulan jika tidak dilakukan analisa dan interpretasi data. Dari memulai editing.koding.tabulasianalisa statistik,dan interpretasi data. Data yang dikelolah akan memberikan sebuah pentunjuk pada kesimpulan yang akan anda ambil.
- Penyusunan Laporan Riset
Dalam langkah roset pasar, tahap ini menjadi hal yang sngat penting di karenankan anda harus melaporkan riset pemasaran yang berupa laporan hasil,kesimpulan,serta rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen. Kemudian pihak manajemen akan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari interpretasi data sebelumnya. Pada dasarnya laporan riset itu akan menjadi standar penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset pemasaran.
Kesimpulan
Pada penjelasan fungsi dan langkah langkahnya akan berguna saat anda melakukan riset pemasaran nantinya. Dalam sebuah bisnispun laporan riset juga ada laporan keuangan yang tidak kalah penting. Laporan keuangan juga dapat menjadi salah satu data penting untuk melakukan riset pemasaran. Sekian mengenai artikel riset pasar, semoga artikel ini memberikan informasi penting dan berguna bagi anda yang menjalankan bisnis nantinya.
Comments
Post a Comment