Para pembisnis pastinya sudah mengentahui dan sering menggunakan iklan dalam mempromosikan bisnis atau produk mereka. Pengertian iklan ini sendiri adalah suatu bentuk pembeian informasi yang dilakukan oleh seseorang,instansi/lembaga,atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditunjukan kepada khalyak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adlaah untuk membujuk/mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk/ jasa yang ditawarkan.
Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media tersebut pada dasarnya diantara koran-majalah tabloid-televisi,situs berita,blog,media sosial, mesin pencari,dan tempat-tempat umum.
Pada umumnya iklan berbentuk informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa,perusahaan,merek,dan lainnya dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian atua membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.
Definisi Iklan
Secara umumnya iklan dapat di artikan sebagai bentuk kegiatan dalam mengkomunikasikan, menarik perhatian dan membujuk sebagian atau seluruh masyarakat untuk mengambil sebuah tindakan dalam merespon ide, barang, atau jasa yang dipresentasikan.
Menurut kamus besar bahasa indonesia ikan di jadikan sebagai memesan berita (untuk mendorong, membujuk) masyarakat umum tentang barang dan jasa yang ditawarkan, bertanya kepada publik tentang barang atau jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti surat kabar dan majalah.
Menurut liliweri (2011) iklan menjadi sebuah salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi para pendengar, pemirsa dan pembaca agar mereka memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media tersebut pada dasarnya diantara koran-majalah tabloid-televisi,situs berita,blog,media sosial, mesin pencari,dan tempat-tempat umum.
Pada umumnya iklan berbentuk informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa,perusahaan,merek,dan lainnya dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian atua membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.
Definisi Iklan
Secara umumnya iklan dapat di artikan sebagai bentuk kegiatan dalam mengkomunikasikan, menarik perhatian dan membujuk sebagian atau seluruh masyarakat untuk mengambil sebuah tindakan dalam merespon ide, barang, atau jasa yang dipresentasikan.
Menurut kamus besar bahasa indonesia ikan di jadikan sebagai memesan berita (untuk mendorong, membujuk) masyarakat umum tentang barang dan jasa yang ditawarkan, bertanya kepada publik tentang barang atau jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti surat kabar dan majalah.
Menurut liliweri (2011) iklan menjadi sebuah salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi para pendengar, pemirsa dan pembaca agar mereka memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
- Courtland L. Bove Mengatakan bahwa semua pengertian iklan adalah komunikasi non-pribadi yang biasanya dibayar dan persuasif tentang suatu produk, layanan, atau ide dari sponsor yang dipublikasikan melalui berbagai media.
- Kotler Mengatakan bahwa iklan merupakan bentuk presentasi dan promosi suatu barang, layanan, dan ide, non-pribadi oleh sponsor tertentu di mana pengiriman biasanya harus membayar untuk media.
- Rhenald Kasali mengatakan bahwa iklan merupakan pesan yang menawarkan produk / layanan yang ditujukan kepada audiens melalui media.
- Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Menurut KBBI, bahwa pengertian iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang/ jasa yang ditawarkan.
Tujuan Iklan
- Memberikan onfriasmi iklan yang befungsi menginformasikan mengenai ciri-ciri produk serta kegunaannya. Membuat konsumen menyadari adanya produk.
- Membujuk dan mempengaruhi (persuading) yang terkadang bujukan tersebut mengambil bentuk dengan cara mempengaruhi permintaan primer (primary demand), yaitu menciptakan permintaan untuk semua kategori produk. Namun yang lebih sering, upaya iklan iklan untuk membangun permintaan sekunder, yaitu permintaan akan merek-merek produk perusahaan harus mampu membujuk konsumen untuk mencoba.
- Mengingatkan (reminding) iklan juga dapat menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen.
- Mendampingi (Assisting other Company Effort) Iklan hanyalah salah satu anggota atau alat dari tim atau bauran komunikasi pemasaran. Pada saat lainnya, peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.
Jenis Iklan
- Iklan Konsumen. Terdapat dua macam barang yang umum di beli oleh konsumen yaitu barang konsumen (consumer goods) dan barang tahan lama (durable goods) semua barang tersebut diiklankan lewat media sesuai dengan lapisan sosial yang hendak dibidik.
- Iklan bisnis kebisnis atau iklan antar bisnis. Kegunaan iklan ini adalah untuk mempromosikan barang dan jasa non konsumen, artiknya iklan sama-sama perusahaan.
- Iklan Perdagangan. Iklan ini memberikan informsi pada kalangan distributor, pedagang besar maupun pedagang kecil, agen dan eksportir/importir tentang barang-barang yang tersedia untuk dijual kembali. Iklan semacam ini menawarkan untuk memesan atau menanyakan informasi lebih lanjut, serta membantu para salesman lapangan untuk menghubungi pemilik stok barang.
- Iklan eceran. Merupakan pengertian iklan yang disebarluaskan oleh pihak pemasik,perusahaan atua pabrik pembuat produk dan iklan ini biasanya ditempatkan disemua lokasi yang menjual produk tersebut kepada konsumen.
- Iklan Keuangan. Iklan keuangan meliputi iklan untuk bank, jasa tabungan, asuransi dan investasi. Tujuan iklan keuangan adalah untuk menghimpun dana pinjaman dan menawarkan modal, baik dalam bentuk asuransi, penjualan saham, surat obligasi, surat utang atau dana pensiun.
- Iklan Rekruitmen. Merupakan jenis iklan yang bertujuan merekrut calon pegawai dan bentuknya antara lain iklan kolom yang menjanjikan kerahasiaan pelamar atau iklan selebaran biasa.
Kesimpulan
Bahwa iklan yang biasanya di gunakan oleh para pengusaha bisnis untuk mempromosikan bisnis yang sedang di jalankan. Dan iklan pun menjadi salah satu ide bagus dalam membangun profit masuk dalam perusahaan. Semoga artikel ini memberikan informasi penting bagi para pembaca nantinya.
Comments
Post a Comment